Langsung ke konten utama

IMPLEMENTASI GRAFIK KOMPUTER DALAM SUATU BIDANG KEHIDUPAN

Grafik Komputer adalah suatu proses pembuatan, penyimpanan dan manipulasi model dan citra. Model berasal dari beberapa bidang seperti fisik, matematik, artistik dan bahkan struktur abstrak. Istilah ”Grafik Komputer” ditemukan tahun 1960 oleh William Fetter : pembentukan disain model cockpit (Boeing) dengan menggunakan pen plotter dan referensi model tubuh manusia 3 Dimensi. Pengguna mengendalikan isi, struktur dan kemunculan objek serta menampilkan citra melalui suatu komponen dasar visual feedback.

Contoh grafik komputer dalam kehidupan sehari-hari:
·       - Video Game

Hasil gambar untuk membuat game dengan blender




Hasil gambar untuk tetris
Video game adalah permainan yang melibatkan interaksi dengan user interface untuk

menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada perangkat video. Aplikasi banyak beredar

di pasaran mulai yang sederhana 2 dimensi, seperti tetris, hingga yang rumit, 3 dimensi, dan

memerlukan resource banyak, seperti game sepakbola Winning Eleven. Dari yang yang
standalone hingga online network, seperti Ragnarok. Dari PC, console, hingga mobile
devices.

- Bidang Perancangan
Pada bidang ini grafik komputer digunakan untuk membuat berbagai desain dan model objek yang akan dibuat. Misalnya digunakan untuk mendesain suatu arsitektur bangunan,desain kendaraan dan lainnya.Menggunakan software desain grafis seperti auto cad, 3D MAX semuanya akan berlangsung secara mudah dan lebih spesifik dalam perancangan yang akan dibuat. Memperkecil tingkat kesalahan sehingga akan menghasilkan suatu model yang sama seperti aslinya.

- Bidang Hiburan
Pada sekarang ini semua acara hiburan di Tv banyak menggunakan grafik komputer.Mulai dari film kartun, iklan di TV dan sampai acara sinetron sekalipun sudah di selipi oleh grafik komputer. Grafik komputer disini berupa efek animasi yang dapat membuat film semakin menarik.

- Bidang Pendidikan
Grafik komputer pada pendidikan digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata, dapat melalui power point ataupun software lainnya. Dengan penggunakan bentuk objek ini diharapkan siswa lebih nyata dalam menerima semua materi yang telah diajarkan. tidak hanya teori saja tetapi sudah melihat bentuk dan simulasinya. Bentuk ini dapat berupa penggambaran bidang, ruang, grafik, gambar kerangka manusia,susunan tubuh manusia,dan sebagainya.

- Computer Art
Metode grafika komputer digunakan dalam aplikasi commercial art dan fine art. Seniman menggunakan bermacam-macam perangkat lunak grafik, dan kadang dilengkapi dengan perangkat keras khusus. Contoh perangkat lunak yang digunakan yaitu Corel Draw, Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, Macromedia, dan sebagainya.

DAFTAR PUSAKA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DITOLAK 5x DI PERGURUAN TINGGI

Assalamualaikum. Wr. Wb. Perkenalkan nama aku Muhammad Rizqy Al'Faris, biasa dipanggil Faris. Aku dari SMAN 1 CILILIN Kab. BANDUNG BARAT, yang merupakan sekolah favorit di Kab. BANDUNG BARAT. Disini aku akan menceritakan pengalaman daftar kuliah setelah lulus dari SMA. Banyak sekali perasaan yang aku rasakan, dari mengikuti berbagai tes, memilih universitas, memilih jurusan, menunggu hasil pengumuman, dan degdegan membuka hasil! Haha bagi kalian yang mengunjungi blog ini pasti ada yang pernah merasakan nya, tapi bagi adik kelas dan sekarang kelas 12 siap-siap yah untuk merasakan hal ini. Oke, langsung saja yah... Pertama kali aku mendaftarkan diri untuk daftar kuliah yaitu mengikuti SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Seleksi tersebut menggunakan nilai rapot dari semester 1 sampai semester 5, yang diambil 70% karena sekolah ku akreditasi nya A dari siswa terbaik di sekolah ku. Alhamdulillah aku lolos tahap PDSS SNMPTN di sekolah, dan akan di seleksi lagi ...

TEORI DAN IMPLEMENTASI KOMPUTASI MODERN

Pengertian Komputasi Komputasi diartikan sebagai cara untuk  menemukan  pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma. Selama ribuan tahun, perhitungan dan komputasi umumnya dilakukan dengan menggunakan pena dan kertas, atau kapur dan batu tulis, atau dikerjakan secara mental, kadang-kadang dengan bantuan suatu tabel. Pada zaman sekarang ini, kebanyakan komputasi telah dilakukan dengan menggunakan komputer. Secara umum iIlmu komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains). Dalam penggunaan praktis, biasanya berupa penerapan simulasi komputer atau berbagai bentuk komputasi lainnya untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam berbagai bidang keilmuan, tetapi dalam perkembangannya digunakan juga untuk menemukan prinsip-prinsip baru yang mendasar dalam ilmu. Bidang ini berbeda dengan ilmu komputer (compu...

POST TEST NOSQL

NAMA             : MUHAMMAD RIZQY AL FARIS NPM                : 54417235 KELAS            : 3IA10 V-CLASS 3 SISTEM BASIS DATA 1 NO SQL Buat artikel dari salah satu dari  7 database NoSql yang popular ·          Jawaban : Sesuai dengan namanya basis data NoSQL adalah jenis basis data yang tidak menggunakan perintah SQL dalam memanipulasi (menyimpan maupun mengambil data) basis data tersebut. Kebanyakan basis data NoSQL digunakan dalam dunia aplikasi web waktu nyata (real-time web app). Berbeda dengan basis data SQL dimana meskipun berbeda-beda pembuat namun cara kerja maupun cara penggunaannya relatif sama. Contohnya sama-sama menggunakan tabel yang dihubungkan oleh relasi-relasi, manipulasi data dengan bahasa SQL, dsb. Basis data NoSQL bisa sangat b...