Grafik Komputer adalah suatu
proses pembuatan, penyimpanan dan manipulasi model dan citra. Model berasal
dari beberapa bidang seperti fisik, matematik, artistik dan bahkan struktur
abstrak. Istilah ”Grafik Komputer” ditemukan tahun 1960 oleh William Fetter :
pembentukan disain model cockpit (Boeing) dengan menggunakan pen plotter dan
referensi model tubuh manusia 3 Dimensi. Pengguna mengendalikan isi, struktur
dan kemunculan objek serta menampilkan citra melalui suatu komponen dasar
visual feedback.
Contoh grafik komputer dalam
kehidupan sehari-hari:
· - Video
Game


Video game adalah permainan yang
melibatkan interaksi dengan user interface untuk
menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada perangkat video. Aplikasi
banyak beredar
di pasaran mulai yang sederhana 2 dimensi, seperti tetris, hingga yang rumit, 3
dimensi, dan
memerlukan resource banyak, seperti game sepakbola Winning Eleven. Dari yang
yang
standalone hingga online network, seperti Ragnarok. Dari PC, console, hingga
mobile
devices.
- Bidang Perancangan
- Bidang Perancangan
Pada bidang ini grafik komputer
digunakan untuk membuat berbagai desain dan model objek yang akan dibuat.
Misalnya digunakan untuk mendesain suatu arsitektur bangunan,desain kendaraan
dan lainnya.Menggunakan software desain grafis seperti auto cad, 3D MAX
semuanya akan berlangsung secara mudah dan lebih spesifik dalam perancangan
yang akan dibuat. Memperkecil tingkat kesalahan sehingga akan menghasilkan
suatu model yang sama seperti aslinya.
- Bidang Hiburan
Pada sekarang ini semua acara
hiburan di Tv banyak menggunakan grafik komputer.Mulai dari film kartun, iklan
di TV dan sampai acara sinetron sekalipun sudah di selipi oleh grafik komputer.
Grafik komputer disini berupa efek animasi yang dapat membuat film semakin
menarik.
- Bidang Pendidikan
Grafik komputer pada pendidikan
digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata, dapat
melalui power point ataupun software lainnya. Dengan penggunakan bentuk objek
ini diharapkan siswa lebih nyata dalam menerima semua materi yang telah
diajarkan. tidak hanya teori saja tetapi sudah melihat bentuk dan simulasinya.
Bentuk ini dapat berupa penggambaran bidang, ruang, grafik, gambar kerangka
manusia,susunan tubuh manusia,dan sebagainya.
- Computer Art
Metode grafika komputer digunakan
dalam aplikasi commercial art dan fine art. Seniman menggunakan bermacam-macam
perangkat lunak grafik, dan kadang dilengkapi dengan perangkat keras khusus.
Contoh perangkat lunak yang digunakan yaitu Corel Draw, Adobe Photoshop, Adobe
Ilustrator, Macromedia, dan sebagainya.
DAFTAR PUSAKA
Komentar
Posting Komentar